Cara Manfaatkan Tokopedia Paylater Buat Bisnis

Siapa bilang, paylater cuma bisa bikin orang jadi boros dan terjebak utang?

Penggunaan paylater, pada dasarnya akan kembali lagi pada cara masing-masing orang dalam memakainya. Paylater justru bisa menjadi kawan dan bermanfaat jika penggunaannya bijak, penuh perhitungan, dan digunakan untuk aktivitas yang produktif seperti berbisnis. 

Di jaman sekarang, paylater sudah tersedia di mana-mana. Termasuk di antaranya di berbagai e-commerce populer seperti Tokopedia. Pembayaran Tokopedia paylater adalah salah satu opsi menarik yang ditawarkan Tokopedia kepada konsumennya. 

Nah, dalam menyediakan layanan ini, Tokopedia nggak sendirian. Ada 4 fintech yang digandeng sebagai mitra paylater, yaitu Kredivo, Home Credit, Indodana, dan BRI Ceria. 

Bukan cuma bisa untuk cicilan barang seperti gadget, alat elektronik rumah tangga, atau produk fashion, Tokopedia paylater sangat mungkin digunakan untuk berbisnis bagi kamu yang tertarik dengan tantangan baru. Berikut ini adalah caranya. 

Kredivo, aplikasi paylater di Tokopedia yang bisa cicilan barang dan pinjaman

Tidak banyak aplikasi paylater yang punya fitur lengkap seperti Kredivo. Dengan Kredivo, kamu bisa memiliki satu aplikasi untuk berbagai kebutuhan transaksi. Mulai dari paylater dalam 30 hari tanpa bunga, cicilan 0% dengan tenor 3 bulan, cicilan s.d 12 bulan dengan bunga rendah, hingga pinjaman tunai cepat cair. 

Kabar baiknya, Kredivo merupakan salah satu fintech yang bermitra dengan Tokopedia. Ini berarti, kamu bisa dengan mudah menggunakan Kredivo untuk bertransaksi di Tokopedia dengan berbagai fasilitas kredit yang tersedia di atas. 

Sebelum bisa menggunakan Kredivo di Tokopedia, kamu wajib mengunduh aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store untuk melakukan pendaftaran. Jika kamu memenuhi kriteria ini, maka kamu bisa langsung daftar akun Kredivo: 

  1. Berstatus sebagai WNI dengan usia 18 – 60 tahun. 
  2. Punya pekerjaan dan penghasilan minimal sebesar Rp 3 juta per bulan. 
  3. Berdomisil di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, Kediri, Tasikmalaya, Tegal, Bandar Lampung, Banjarmasin, dan Pontianak.

Selesai daftar, tunggu proses approval dalam 1×24 jam ke depan. Kalau disetujui, maka akunmu akan langsung aktif dan limit kredit bisa langsung digunakan. 

Beli dan jual barang yang banyak dicari dengan paylater

Sudah punya limit?

Ini artinya, kamu bisa mulai cara pertama untuk memanfaatkan Kredivo sebagai Tokopedia paylater, dalam hal berbisnis. 

Seperti yang sudah diketahui, kamu bisa belanja barang di Tokopedia pakai Kredivo dengan bayar dalam 30 hari, cicilan 0%, dan cicilan s.d 12 bulan. 

Kesempatan tersebut, bisa kamu manfaatkan untuk berbisnis model dropship atau reseller. Dengan kata lain, kamu bisa membeli barang Tokopedia yang saat ini banyak dibutuhkan orang untuk dijual kembali dengan sistem dropship atau reseller. 

Bedanya, untuk sistem dropship, kamu nggak perlu keluar modal untuk stok barang. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mencari supplier yang tepat di Tokopedia, meminta izin, lalu memasarkan barangnya ke channel penjualan yang sudah kamu persiapkan. 

Misalnya, kamu tertarik berbisnis pashmina. Cara termudah untuk memasarkan barang ini secara dropship adalah dengan memposting foto-foto produknya di berbagai media sosialmu yang punya banyak followers. Ketika membeli barang dari supplier, kamu bisa memilih metode pembayaran pakai Kredivo dan checklist box “kirim sebagai dropshipper”. 

Jangan lupa untuk menambahkan keuntungan pada harga jual barang tersebut sesuai persentase yang sudah diperhitungkan. Nantinya, ketika konsumen sudah membayar, maka kamu bisa membayar tagihan Kredivo atas transaksi tersebut. 

Selain sistem dropship, sistem reseller juga bisa dipilih. Jika memilih metode ini, kamu artinya perlu menyetok barang dan mengeluarkan modal. Bedanya dengan dropship, reseller lebih bebas menentukan harga dan keuntungan. 

Menariknya, dengan opsi cicilan 0% atau cicilan s.d 12 bulan, kamu bisa belanja stok barang dengan minimal transaksi 500 ribu ke atas, dan bayar via cicilan sesuai tenor yang dipilih. Cicilan bisa dibayar dengan hasil perputaran barang dan uang dari konsumen. 

Ajukan pinjaman tunai untuk modal bangun bisnis sendiri

Selain modal berupa barang, kamu juga bisa menggunakan Kredivo untuk mengajukan pinjaman tunai sebagai modal bisnis. Terlebih jika bisnis yang mau kamu jalani bukan berupa jual barang. Misalnya bisnis franchise, bisnis warung kecil-kecilan di rumah, dan sejenisnya. Otomatis, pinjaman tunai akan lebih dibutuhkan. 

Nah caranya adalah dengan membuka aplikasi Kredivo lalu memilih fitur “Pinjaman Tunai”. Fitur inilah yang akan berfungsi untuk mencairkan limit yang kamu miliki menjadi pinjaman tunai. Minimal pengajuan pinjaman yang bisa diajukan adalah 500 ribu. Maksimal pengajuan adalah sejumlah limit yang kamu punya untuk tenor 6 bulan. 

Kredivo menyediakan dua opsi tenor cicilan untuk pinjaman: 3 bulan atau 6 bulan. Suku bunganya 2.6% per bulan, dengan biaya administrasi pinjaman sebesar 6% dari total pinjaman. 

Tertarik mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.