Manfaat membaca doa dalam agama Islam, SImak!

Rangkaian Doa Nabi Sulaiman untuk Amalan Sehari-hari

Doa merupakan hal yang wajib dibaca dalam agama Islam sebab, doa merupakan wujud permohonan manusia kepada-Nya. Meski begitu doa juga memiliki definisi yang beragam, bisa diartikan sebagai wujud syukur dan ibadah, dan yang paling penting doa merupakan sarana berbicara kepada Allah AWT. Dengan doa itulah kita mengharap segara keinginan dikabulkan, segala kesulitan dilancarkan, dihindari dari marabahaya dan masih banyak lagi. Selain dari pada itu, dua juga merupakan senjata bagi umat muslim, dan orang yang tak pernah membaca doa dikategorikan sebagai orang yang sombong. Nah berikut ini kami akan memberikan informasi seputar manfaat membaca doa dalam agama Islam, penasaran seperti apa? Simak ulasannya sebagai berikut.

1. Doa dapat mengubah takdir

Doa memiliki kekuatan yang luar biasa, seseorang yang rajin membaca doa tentu memiliki keimanan yang baik. Adapun orang yang terus-menerus berdoa namun belum dikabulkan tetapi ia tidak kecewa, melainkan ia lebih giat untuk berdoa. Dalam hadist shahih dikatakn bahwa “keutamaan berdoa dalam agama Islam dapat mengubah takdir”. Sebagai contoh jika kita dihadapkan dengan perkara yang runyam dan bahkan kita berpikir tak mampu menghadapinya, maka cobalah untuk berdoa dan minta pertolongan kepada-Nya sebab, doa dapat merubah takdir manusia.

2. Doa merupakan wujud ibadah

Ibadah memiliki artian yang luas, bukan hanya sekedar mengerjakan sholat wajib, puasa, membaca Al-Qur’an saja melainkan berdoa juga merupakan suatu ibadah. Berdoa diwaktu-waktu tertentu, ketika adzan berkumandang, ketika habis mengerjakan sholat bahkan saat kita sedang bekerja juga dapat mendatangkan pahala bagi kita yang membacanya.

Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Do’a adalah ibadah.” (HR. Abu Daud, At Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad).

Maka dari itu jangan pernah lupa untuk selalu melantunkan doa, agar kita senantiasa mengingat Allah SWT dan mendapatkan pahala.

3. Menghindari diri dari keburukan

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan Abu Sa’id : Tidaklah seprang muslim memanjatkan do’a pada Allah selama tidak mengandung dosa dan memutuskan silaturahmi (antar kerabat, pen) melainkan Allah akan beri padanya tiga hal: Allah akan segera mengabulkan do’anya, Allah akan menyimpannya baginya di akhirat kelak, dan Allah akan menghindarkan darinya kejelekan yang semisal.”

Lantas para sahabat pun mengatakan, “Kalau begitu kami akan memperbanyak berdoa. Nabu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Allah nanti yang memperbanyak mengabulkan do’a-do’a kalian.” (HR. Ahmad).

4. Terhindar dari murka Allah SWR

Seperti yang sudah kami singgung di atas bahwa orang yang jarang berdoa, dikategorikan sebagai orang yang sombong sebab, ia hanya mengandalkan kemampuannya tanpa melibatkan Allah SWT. Hal tersebut merupakan perbuatan yang tidak baik sebab, hal tersebut dapat mendatangkan murka Allah SWT dan membuat hidupnya semakin berantakan. Maka dari itu jika ingin mencapai sesuatu, mengerjakan dan apapun itu kita harus berdoa untuk melibatkan Allah dalam setiap usaha kita.

5. Mententramkan Jiwa

Manfaat doa selanutnya yaitu, doa dapat mententramkan jiwa seseorang sebab ketika mereka mendapat permasalahan dalam hidupnya maka ia selalu berdoa kepada Allah agar tidak merasa sendirian. Meski kita sedang tertimpa masalah yang begitu berat, ketika kita mengingat Allah SWT memanjatkan do’a, maka hal itu akan terasa ringan.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar manfaat doa bagi agama Islam. Kita sebagai umat muslim tentu sudah diajarkan banyak doa sedari kecil seperti doa saat hujan, doa sebelum/sesudah makan, doa masuk/keluar kamar mandi, dan masih banyak lagi. Untuk itu jangan pernah lupa untuk selalu berdoa ya gengs.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *