Ingin Mulai Berjualan Online? Inilah Tipsnya!

√ Shopee Seller Center : Cara Daftar & Gunakan 2021 | Carabelanja.id

Berjualan online merupakan bisnis yang dapat dilakukan oleh siapapun. Namun, sebelum memulai usaha untuk berjualan online ada baiknya untuk memperhatikan hal-hal yang tentunya akan sangat berguna dalam mengelola elemen-elemen yang terdapat dalam bisnis online tersebut. Karena untuk berjualan online bukan hanya membutuhkan modal saja, tetapi pola piker dalam mengolah bisnis tersebut sangat diperlukan, supaya bisnis berjualan online lancar. Oleh karena itu, kami akan memberikan tips yang perlu diperhatikan bagi pemula yang akan berjualan online. Berikut penjelasannya.

1. Siapkan Mental

Walaupun terkesan tidak penting, namun siapa sangka menyiapkan mental adalah hal yang perlu dilakukan oleh setiap orang yang akan menjalankan bisnis online. Mengapa perlu? Karena saat berjualan kita akan menemukan karakteristik pembeli yang bermacam-macam. Seperti, ada yang sulit membangun kepercayaan kepada penjual, tidak sabaran, sering complain, mudah marah, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, bagi penjual online harus menyiapkan mental terlebih dahulu supaya bisa menghadapi pembeli.

2. Tentukan E-Commerce yang Akan Dipakai

Menentukan e-commerce atau perdagangan elektronik yang akan dipakai tentu menjadi hal yang utama. Kita harus mengetahui apa saja alternative lokasi yang berada di pasaran yang mana sangat beragam tersedia di Internet. Kita bisa memilih tempat berdagang online mulai dari media sosial, marketplace, dan membuka website toko online sendiri. Namun, saat ini penggunaan marketplace menjadi hal yang paling diminati oleh para pembeli. Salah satu marketplace yang terkenal yaitu, Shopee. Membuka toko di Shopee, tentunya akan memberikan keuntungan. Apabila ingin mendaftar menjadi penjual di Shopee tentu sangat mudah. Berikut ini langkah-langkah cara daftar jadi penjual di Shopee bagi pemula.

  • Buat akun Shopee dengan klik Daftar pada web atau aplikasi Shoppe, lalu lakukan verifikasi no. handphone dan email.
  • Ubahlah username Shopee apabila diperlukan.
  • Lengkapi Profil Toko lewat Seller Centre atau Aplikasi Shopee.
  • Tambahkan produk yang akan dijual, kemudian lengkapi atribut produk dan deskripsi, sertakan foto produk dengan jelas dan pilih jasa kirim. Pastikan Produk yang diupload tidak termasuk barang yang dilarang oleh Shopee.
  • Buatlah promosi untuk membantu tokomu mendapatkan pesanan pertama.

3. Tentukanlah Produk yang Akan Dijual

Pertimbangkan lah produk yang akan dijual tersebut dengan memperhatikan faktor-faktor berikut ini, seperti produk apa yang paling dipahami dan kuasai, seberapa paham kita akan produk tersebut, sejauh mana kita memahami persaingan dalam menjual produk tersebut, alur bisnis dari produk tersebut, mulai dari mengambil barang hingga mengirimkannya kepada pembeli, lalu bagaimana cara menjual produk tersebut.

4. Tentukanlah Harga Jual

Setelah memilih produk apa saja yang akan dijual, tentunya kita harus menentukan harga jualnya. Menentukan harga jual juga tidak boleh asal-asalna, jangan terlalu murah maupun mahal, yang terpenting harga yang ditentukan bisa balik modal kembali. Oleh karena itu, berikut ini adalah faktor-faktor yang perlu diperhatikan sebelum menentukan harga produk yang ditetapkan. Yang pertama, berapa harga produk di pasaran, berapa harga yang dipatok oleh supplier kita, dan berapa biaya-biaya operasional yang kita keluarkan untuk mendatangkan barang. Setelah mengetahui dan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, barulah kita bisa menentukan berapa kira-kira harga jual yang tepat.

5. Susunlah Rencana Bisnis

Rencana bisnis ini akan mencakup beberapa hal secara garis besar, seperti menentukan nama toko, menentukan produk yang akan dijual, rencana harga jual, hingga kepada perhitungan berapa lama modal yang dikeluarkan akan kembali, mencari dan menentukan supplier yang akan diajak bekerja sama.

6. Promosikan Barang Jualan

Hal ini merupakan hal yang penting dilakukan untuk menarik penjual membeli di toko kita. Promosi yang dapat digunakan di antaranya, membayar ke marketplace untuk menjadi premium member atau official store, memasang iklan di media sosial,menggunakan Google Ads atau Adwords Express, dan mengoptimalkan SEO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *