Harga Kencur

main image

Kencur adalah bumbu rempah dapur yang sudah dikenal secara luas oleh masyarakat Indonesia. Bumbu ini adalah bumbu dapur yang bisa menyedapkan masakan. Selain dijadikan bumbu masakan, kencur juga sering digunakan sebagai bahan baku membuat jamu kesehatan. Kencur adalah jenis empon yang memiliki kandungan minyak atsiri dan senyawa alkaloid yang berkhasiat obat.

Ekstrak kencur bersifat antioksidan dan analgesik atau bisa meredakan nyeri, serta bisa memberikan efek antiinflamasi. Kencur memiliki banyak senyawa aktif dan membuatnya banyak memberikan manfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah beragam manfaat yang terkandung dalam kencur.

  • Mencegah kanker

Kencur memiliki kandungan etil p-metoksisinamat yang bisa menghambat proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler sebagai antikanker. Aaroma yang ditimbulkan kencur berasal dari kandungan etil p-metoksisinamat dan etil cinnamate yang juga bisa memberikan efek menenangkan.

  • Mengobati penyakit akibat bakteri

Kencur memiliki kandungan ekstrak methanol yang sangat efektir untuk menangkal dan mengatasi bakteri, termasuk bakteri penyebab penyakit sistem saraf pusat. Kencur juga bisa membunuh bakteri penyebab infeksi pada kornea mata atau juga dalam mengatasi cacing parasite yang menyebabkan penyakit toksokariasis.

  • Mengobati kencing batu

Ekstrak kencur memiliki kandungan senyawa yang berkhasiat dalam mengobati penyakit kencing batu. Kamu bisa mengambil dan cuci dua rimpang kencur, kemudian parut dan campur dengan segelas air hangat. Aduk rata, lalu hasil parutan kencur disaring dan ditambah dengan sedikit garam. Minum ramuan ini secata teratur sehari sekali saja.

  • Mengobati diare

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, eEkstrak kencur ini memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang berkhasiat untuk menyembuhkan gangguan pencernaan dan diare. Untuk bisa mendapatkan manfaat ini, ambil dan bersihkan dua rimpang kencur serta dua suing bawang merah. Kemudian tumbuk kencur dan bawang merah sampai halus. Lalu bungkus ramuan dengan daun pisang dan letakkan di atas api agar hanga. Setelah itu taruh atau balurkan pada perut yang sakit.

  • Mengobati masuk angin dan flu

Kencur juga berkhasiat untuk mengobati masuk angin maupun flu. Kamu bisa menumbuk satu rimpang kencur dan dua lembar daun kemukus sampai halus. Kemudian tambahkan dengan sedikit air hangat. Ramuan ini bisa dijadikan sebagai inhaler, dioleskan di sekitar hidung atau juga dibungkus dulu oleh kain supaya baunya bisa dihisap hidung.

  • Melegakan tenggorokan dan mengobati batuk

Kencur juga bisa membantu mengencerkan dahak, melegakan tenggorokan, dan menyembuhkan batuk, terutama bagi anak-anak. Kencur bisa melegakan tenggorokan dan membantu mengobati batuk karena memiliki kandungan yang memberikan efek antiinflamasi, antioksidan, dan bersifat analgesik. Kamu bisa mengambil satu jari rimpang kencur segar, lalu bersihkan dan parut. Kemudian peras hasil parutan kencur lalu masukkan ke dalam sendok. Tambahkan juga sedikit madu dan minumkan pada anak atau balita yang sedang mengalami batuk.

  • Mengatasi muntah-muntah

Kamu bisa mendapatkan manfaat ini, dengan mengambil 1,5 jari kencur yang masih segar, lalu cuci sampai bersih. Setelah itu berikan kencur tersebut kepada orang yang menderita muntah-muntah untuk dikunyah dengan sedikit garam. Setelah dikunyah halus lalu telan. Lakukan hal ini 2 kali sehari hingga penderita merasa lega.

  • Meningkatkan nafsu makan

Kencur memiliki manfaat karminatif yang bisa membantu meningkatkan nafsu makan. Kamu bisa menambahkan kencur sebagai bahan tambahan dalam masakan atau dijadikan minuman jamu.

Kencur adalah salah satu bumbu rempah dapur yang laris di pasaran. Adapun harga kencur sendiri saat ini adalah Rp5.500 per ons.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *