5 Aturan Mudik di Masa Pandemi yang Wajib Dilakukan

Pandemi tidak terasa sudah berlangsung selama satu tahun penuh. Setelah setahun yang lalu tidak sempat mudik karena ada larangan dan imbauan dari pemerintah, tahun ini sepertinya masyarakat lebih siap dengan segala konsekuensinya. Apalagi jika mereka sudah setahun penuh memendam rindu pada kampung halaman.

Pada dasarnya pemerintah tetap akan mengimbau kepada masyarakat mengurangi bepergian jika tidak penting. Itulah yang selama ini menjadi salah satu alasan mengapa pandemi tidak kunjung reda karena masyarakat masih aktif bepergian, bertemu, dan berinteraksi.

Namun demikian, jika sudah punya keinginan kuat untuk pergi mudik tahun ini, pahami beberapa aturan dan protokol kesehatan baik menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Pembelian tiket pesawat disarankan menggunakan aplikasi kredit yang lebih praktis dan pembayarannya bisa dicicil dengan mudah. Berikut adalah 5 aturan mudik di masa pandemi yang perlu kamu ketahui.

Tes antigen 1 hari sebelum mudik

Beberapa daerah di Jawa Tengah menerapkan ketentuan bahwa pendatang harus membuktikan bahwa hasil tes antigen mereka negatif. Sebenarnya syarat ini juga sudah diterapkan bagi para penumpang transportasi umum seperti kereta api dan pesawat terbang, namum masih terbilang kurang ketat untuk bus antar kota antar provinsi.

Kewajiban tes antigen bagi para penumpang dengan kendaraan pribadi pun tetap diberlakukan terutama jika mereka hendak menginap di hotel. Sebaliknya bagi mereka yang memang tidak menginap di hotel tidak diwajibkan melakukan tes antigen terlebih dahulu. Namun, perlu diingat pula bahwa kebijakan tiap daerah bisa berbeda-beda.

Pastikan membawa masker dan tetap menerapkan protokol kesehatan

Kesadaran menggunakan masker saat masih pandemi tetap harus dijalankan. Masker akan menghambat penularan terutama bagi mereka yang kesehatannya rentan.

Oleh karena itu, gunakan masker ke manapun pergi baik saat bertemu keluarga atau sahabat terdekat pun di kampung halaman. Jangan sampai kita tidak sadar bahwa kita yang menjadi sumber penularan.

Tetap beristirahat jika merasa lelah selama perjalanan

Jika menggunakan kendaraan pribadi. Pastikan untuk beristirahat di rest area paling tidak setelah empat atau enam jam perjalanan. Jangan memforsir tubuh jika memang sudah terasa lelah mengemudi. Pastikan juga persiapan fisik cukup sebelum menempuh perjalanan panjang saat mudik ke kampung halaman.

Selalu cuci tangan, hindari menyentuh bagian wajah

Kebiasaan baru saat era normal baru pun tetap harus dijalankan. Seperti selalu mencuci tangan baik dengan sabun dan air mengalir ataupun menggunakan hand sanitizer. Upayakan tidak terlalu sering menyentuh bagian muka jika tangan belum dibersihkan.

Manfaatkan aplikasi kredit KrediFazz saat dibutuhkan

Pada saat mudik di perjalanan atau di kampung halaman kadang-kadang ada saja kondisi mendesak atau darurat yang tidak bisa diprediksi. Tetap hadapi dengan tenang. Jika butuh uang mendesak, gunakan aplikasi kredit KrediFazz. Kamu bisa pinjam uang hingga Rp1,5 juta dalam waktu 30 hari dengan bunga rendah hanya 0,3% saja per hari.

Syaratnya gak pakai ribet kok. Cukup unduh aplikasinya, lalu lakukan pendaftaran dengan syarat swafoto serta KTP saja. Yup, syaratnya cukup KTP saja, pinjaman bisa langsung cair yang akan ditransfer ke rekening yang kamu daftarkan.

KrediFazz dijamin aman karena sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK. Jadi, tidak perlu risau saat mudik dan kepepet butuh dana segera. Gunakan KrediFazz sebagai solusinya. Cepat, ringkas, dan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *