Bantuan dari Pemerintah yang Harus Kamu Ketahui

Cara Daftar Kartu Pra Kerja Online | Lengkap dengan Syarat & Langkah

Suatu masyarakat berhak mendapatkan pelayanan, bantuan, ataupun hak dari pemerintah suatu negaranya. Terutama pada masyarakat yang memiliki kekurangan pada faktor ekonomi. Sudah menjadi kewajiban dari suatu pemerintahan untuk membantu masyarakatnya. Berikut beberapa bentuk dan penjelasan tentang bantuan dari pemerintah yang harus kamu ketahui.

  1. PKH

Pkh adalah Program Keluarga Harapan yang merupakan program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM). program ini berjalan sejajk tahun 2007 sebagai upaya pemerintah Indonesia atas penanggulangan kemiskinan masyarakat. Di negara lain program ini telah berhasil menanggulangi kemiskinan terutama pada kemiskinan yang memiliki tingkat yang kronis, di negara lain program ini dinamakan CCT atau istilah Conditional Cash Transfers. PKH ini membidik keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang ada di sekitar mereka. PKH juga bermanfaat untuk mencakup dan mendorong penyandang disabilitas dan lanjut usia agar tetap mempertahankan kesejahteraan sosialnya sesuai dengan amanat dari konstitusi dan nawacita Presiden RI.

Dengan PKH ini keluarga miskin didukung agar memiliki akses, juga untuk memanfaatkan beragam pelayanan, seperti pelayanan sosial dasar kesehatan, pendidikan, pangan dan gizi, perawatan, dan pendampingan, termasuk akses untuk berbagai program perlindungan sosial lainnya yang berupa program komplementer secara berkelanjutan. Sebagai upaya penanggulangan kemiskinan yang mensinergikan berbagai program perlindungan dan pemberdayaan sosial  secara nasional PHK dimanfaatkan untuk menjadi episentrum dan center of excellence.

  1. Prakerja

Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi yang berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk para pencari loker online, pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetens.  Besaran dana yang didapatkan kalau ikamu mengikuti program kartu pra kerja di tahun 2020 sebesar Rp3.550.000 ini terdiri dari bantuan pelatihan sebesar Rp1.000.000, insentif pasca pelatihan sebesar Rp600.000 per bulan selama empat bulan dan insentif survey kebekerjaan sebesar Rp50.000 per survey untuk tiga kali survey atau total Rp150.000 per peserta. Program kartu prakerja ini hanya dapat kamu ikuti selama satu kali. Sementara untuk insentif akan dibayarkan setelah peserta menyelesaikan minimal satu kali pelatihan. Untuk pelatihannya kamu dapat mengikuti berbagai macam jenis pelatihan di berbagai macam platform yang menjajdi perantara perantara antara lembaga pelatihan dan pencari kerja, seperti Tokopedia, Bukalapak, Skill by Ruang guru, MauBelajarApa, HarukaEdu, PijarMahir, Sekolah.mu dan Sisnaker. 

Bagi kamu yang ingin mengikuti kartu prakerjaj, berikut adalah cara mendapatkan kartu prakerja online.

  1. Masuk pada web https://www.prakerja.go.id/, kemudian pilih “Daftar Sekarang”. 
  2. Masukan alamat email kamu yang masih aktif dan kata sandi pada akun Prakerja. 
  3. Setelah registrasi, akun kamu akan diverifikasi terlebih dahulu. Email verifikasi akan dikirim ke alamat email yang didaftar pada akun Prakerja. 
  4. Setelah akun diverifikasi, masuk dan login pada akun kamu. 
  5. Isi nomor KTP, nomor Kartu keluarga, dan tanggal lahir. 
  6. Selanjutnya isi data diri dengan benar dan jelas, serta unggah KTP.
  7. Isi nomor ponsel kamu yang masih aktif. Kode OTP akan dikirim pada nomor tersebut untuk proses verifikasi. 
  8. Mengisi Pernyataan Pendaftar. Jika sudah selesai pilih “Oke”.
  9. Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar. 
  10. Setelah kamu selesai mengerjakan tes, pilih gelombang yang sedang dibuka lalu klik “Gabung”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *