Nasi Kuning? Bikin Dirumah Aja Yuk!

5 Tips Masak Nasi Kuning Gurih, Menu Sarapan Favoritmu!

Nasi kuning, sebuah hidangan utama yang sangat populer di Indonesia ini memiliki banyak penggemar. Terutama jika anda sedang bingung untuk mencari menu sarapan, maka nasi kuning lah hidangan yang sangat pas untuk disantap pada pagi hari. Hampir di setiap penjuru di daerah Indonesia bisa kita jumpai penjual nasi kuning, tentu dengan beberapa topping yang menjadikan nasi kuning ini ‘perfect’, seperti telur dadar, ayam ungkep, sambal terasi dan juga potongan mentimun.

Tapi, bagaimana jika memang sama sekali tidak ada penjual nasi kuning di dekat rumah anda? Tenang saja, dalam artikel ini kami akan membahas tuntas bagaimana cara membuat nasi kuning yang baik serta resep nasi kuning lezat dan mudah. Yuk simak langsung cara-cara nya dibawah ini!

TIPS UNTUK MEMBUAT NASI KUNING YANG BAIK

  1. Bilas beras sampai airnya jernih. Ini untuk memastikan nasi Anda tidak lengket
  2. Rasio beras : air , Sebagian besar orang menggunakan rasio 1: 1 untuk memasak nasi dalam penanak nasi dan panci instan. Airnya tidak jauh berbeda dengan ketika Anda memasak di atas kompor. Untuk kompor, disarankan untuk menambahkan 1/2 gelas air lagi.
  3. Gunakan bubuk kunyit berkualitas baik
  4. Biarkan nasi selama 5-10 menit setelah dimasak dan kemudian kocok nasi

CARA MENYIMPAN NASI KUNING

Nasi kuning dapat disimpan di lemari es hingga maksimal satu minggu. Semakin lama Anda menyimpannya, maka akan semakin kering nasi kuning tersebut, yang mana ini sangat cocok untuk dibuat nasi goreng nantinya.

CARA MEMANASKAN NASI KUNING

Direkomendasikan menggunakan pemanas lembab seperti pengukus. Didihkan air dalam steamer lalu rebus dengan api besar selama 5 menit. Jika Anda ingin menggunakan microwave, taburkan sedikit air di atas nasi dan kemudian panaskan di microwave selama satu atau dua menit atau sampai panas. Jika Anda berencana menggunakannya untuk nasi goreng, Anda tidak perlu memanaskannya.

RESEP NASI KUNING

Bahan:

  • 2 gelas beras – atau beras nasi putih panjang
  • 2 gelas
  • 1/2 gelas santan

Rempah-rempah:

  • 1 sdm bubuk kunyit
  • 3 daun pandan segar
  • 1 tangkai serai
  • 2 daun salam
  • 2 daun jeruk – ujung sobek untuk melepaskan rasa

Bumbu:

  • 1/2 sdt garam

INSTRUKSI
Cuci beras dalam beberapa perubahan air sampai jernih. Tiriskan dengan saringan untuk memastikan semua air terkuras

Memasak di atas kompor:

Didihkan air dan santan, lalu tambahkan beras dan bahan-bahan lainnya. Aduk sampai rata. Turunkan panas ke rendah agar mendidih. Tutup dengan tutupnya dan biarkan masak selama 5 menit berikutnya. Aduk, lalu tutup kembali dan masak lagi selama 5 menit. Matikan api tetapi JANGAN membuka tutupnya. Biarkan selama 10 menit. Buka tutupnya lalu tiriskan dan hidangkan.

Memasak di penanak nasi:

Tempatkan beras, santan, air, rempah-rempah, dan bumbu di panci bagian dalam penanak nasi. Aduk untuk mencampur semuanya dan memasak di atas nasi putih atau pengaturan apa pun yang biasanya Anda gunakan untuk memasak nasi putih. Tunggu 10 menit dan kemudian buka tutupnya untuk meniriskan nasi.

Memasak dalam pot instan:

Tempatkan nasi, santan, air, rempah-rempah, bumbu, dan bumbu di panci bagian dalam atau panci instan. Aduk untuk mencampur semuanya. Tutup penutupnya. Atur katup pelepas uap untuk menyegel. Tekan pada pengaturan “nasi”, atau Anda dapat menekan “pressure cooker” dan pastikan itu pada tekanan tinggi dan mengatur timer ke 5 menit. Setelah selesai memasak, tunggu 10 menit sebelum melepaskan tekanan sepenuhnya dan kemudian membuka tutupnya dan mengembang nasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *