Cara Merawat Rumah Agar Bebas Dari Coronavirus

Cara Mencegah Jerawat saat Memakai Masker

Rumah merupakan tempat anggota keluarga menghabiskan sebagian besar waktunya sehari-hari. Terlebih saat  terjadi pandemi COVID-19 yang disikapi dengan gerakan physical distancing dan WFH seperti sekarang.  Sebagaimana tempat lain, rumah pun harus selalu dirawat kebersihan lingkungannya. Semakin merebaknya virus corona di Indonesia seharusnya membuat banyak orang sadar untuk merawat kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Untuk itu berikut cara merawat rumah agar bebas dari coronavirus.

Cara Merawat Rumah Agar Bebas Dari Coronavirus

Selain merawat diri sendiri, kita juga harus merawat rumah agar terhindar dari virus Corona. Berikut cara merawat rumah dari virus Corona:

  1. Bersihkan Sebelum Lakukan Desinfeksi 

Sebelum lebih jauh, harus bisa membedakan terlebih dahulu antara membersihkan dan desinfeksi. Membersihkan artinya menghilangkan semua partikel yang terlihat mengotori permukaan, seperti debu, pasir, dan yang lainnya, sedangkan desinfeksi artinya membasmi kuman, virus, parasit, dan bakteri yang menempel.

Agar lebih maksimal, bersihkan dulu permukaan yang sering disentuh dari debu dan kotoran lain. Setelah itu baru membasmi dengan desinfektan secara sempurna. 

  1. Bersihkan Permukaan yang Sering Disentuh

Coronavirus dapat berpindah melalui permukaan yang sering disentuh dari tangan ke tangan. Untuk itu pembersihan dan desinfeksi harus dilakukan pada permukaan yang sering disentuh seperti pegangan pintu, ponsel, permukaan meja, saklar, toilet, kursi terutama di bagian lengannya, remote TV, alat elektronik, dan keran. 

Berdasarkan penelitian dari National Health Institute Amerika Serikat, virus Corona bisa bertahan hidup di permukaan benda selama beberapa jam, bahkan hingga tiga hari tergantung jenis bendanya. Untuk itu pembersihan dan desinfeksi mampu mencegah penularan virus tersebut lewat benda.

  1. Bersihkan Semua Kotoran

Kamu bisa memulai membersihkan rumah seperti biasa, baik menggunakan kain lap atau vacum cleaner. Agar lebih bersih maksimal gunakan larutan air dan sabun atau derji, karena bisa melarutkan semua debu dan kotoran yang menempel. Pastikan permukaan sudah bersih sebelum lanjut ke tahap selanjutnya.

4. Bahan-bahan Untuk Alat Disinfektan

Untuk menggunakan disinfektan kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, search di Google saja cara pembuatannya. Tapi yang direkomendasikan yaitu campuran air dan pemutih. Berikut caranya:

Siapkan empat sendok teh pemutih dan satu liter air, lalu Masukkan ke dalam botol semprotan, kocok hingga kedua bahan tercampur. 

Yang lebih penting, jangan mencampurkan pemutih dengan bahan pembersih lainnya karena cairan itu sangat kuat dan bisa merusak permukaan benda jika dicampur dengan bahan lain.

5. Semprotkan Secukupnya ke Benda, Lalu Tunggu Sebelum Mengelap

Jika cairan desinfektan sudah jadi waktunya membasmi kuman dan virus di rumah. Caranya mudah, cukup semprotkan cairan secukupnya ke permukaan benda yang sering disentuh. Setelah itu diamkan dulu selama sepuluh menit, lalu lap menggunakan kain basah.

Selain itu, kamu bisa melakukan cara ini dua sampai tiga hari sekali untuk menghindari kuman datang lagi ke rumah. 

Selama melakukan langkah ini, pastikan membuka jendela dan pintu rumah agar sirkulasi udara bisa berjalan dengan lancar dan bau menyengat dari cairan desinfeksi tidak akan membuat mual.

6. Membuka tirai Agar Sinar Matahari Masuk

Selalu usahakan untuk membuka tirai dan membiarkan sinar matahari masuk ke rumah setiap hari. Hal dilakukan untuk memberi tekanan pada virus yang masuk ke dalam.

Sinar UV mampu merusak sebagian besar mikro organisme dan virus, termasuk Coronavirus.Itulah cara merawat rumah agar bebas dari Coronavirus sehingga kamu dan keluarga dapat tinggal di rumah dengan nyaman. Untuk mencari informasi lebih lengkap, Anda juga bisa melihat di aplikasi kesehatan Halodoc.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *