Daftar Kerja Sampingan yang Bisa Dicoba Buat Cari Tambahan Selama Pandemi

Butuh dana cepat untuk ngisi tabungan darurat & berjaga-jaga selama pandemi? Nggak selalu pinjaman solusinya. Yang paling baik adalah kita mulai bisa lebih membuka mata dan jeli terhadap peluang kerja sampingan yang terbuka belakangan ini. Terutama bagi kamu yang pekerjaan atau pendapatannya cukup berdampak sejak COVID-19 masuk dan menjadi wabah di Indonesia. 

Pada dasarnya, pekerjaan sampingan perlu dilakukan siapa pun agar tidak bertumpu pada satu sumber penghasilan saja. Selain itu, makin banyak keran penghasilan, makin besar juga potensi untuk meningkatkan taraf hidup dan kesempatan memiliki tabungan. Bagi sebagian orang, pekerjaan sampingan juga lumayan membantu untuk tambah-tambah beli listrik atau kebutuhan pokok. Nah, belakangan ini, ada 5 peluang kerja sampingan di tengah pandemi yang dapat dicoba dan lumayan menjanjikan karena permintaannya cukup besar, di antaranya: 

Jualan makanan matang

Nggak semua orang punya keahlian dan waktu untuk memasak. Karena meski saat ini WFH, jam kerja tetap berjalan 9 jam. Belum lagi mereka yang dituntut untuk selalu standby di depan laptop karena pekerjaannya ataupun untuk meeting. Di sisi lain, asupan di rumah harus tetap terpenuhi, baik untuk diri sendiri maupun sekeluarga. Nah, beli makanan matang via online adalah solusinya. Bagi kamu yang punya keahlian memasak, mungkin ini adalah peluang kerja sampingan yang tepat. Kamu bisa membuat menu makanan khas rumahan seperti cumi balado, sayur sop, atau rendang dan jual untuk porsi makan 3-4 kali supaya calon konsumen tertarik melirik membeli jualanmu karena dirasa lebih hemat. 

Jualan bahan makanan siap masak

Bahan makanan siap masak juga nggak ketinggalan menjadi primadona di tengah pandemi. Sebab, selain praktis, ini juga membantu hemat waktu untuk belanja dan mengira-ngira bumbu bahan masakan. Tinggal beli satu porsi bahan makanan siap masak, tumis-tumis bentar di dapur, jadi deh. Contohnya: untuk menu tumis cumi asin jagung manis, paket bahan makanannya terdiri dari sekian gram cumi asin, jagung manis yang sudah dipipil, dan potongan cabe serta bumbu siap tumis. Beri stiker yang berisi cara memasak bahan tersebut pada kemasannya dan voila: siap dipasarkan/ditawarkan ke teman & kerabat. 

Jualan masker kain

Masker sekali pakai yang kini langka di pasaran sudah nggak lagi jadi persoalan sebab substitusi atau penggantinya dapat disediakan oleh pasar, yaitu masker kain. Belakangan, banyak orang berlomba-lomba membuat masker kain untuk masa pandemi yang dibanderol dengan harga terjangkau dan cukup ramai peminatnya. Ini bisa menjadi peluang bisnis sekaligus pekerjaan sampingan baru yang dapat kamu coba. Terlebih lagi, membuat masker kain bukan perkara sulit. Tutorialnya sudah bertebaran dan bisa dipelajari secara otodidak. 

Yang perlu kamu siapkan hanyalah modal bahan dan mesin jahit. Kalau sayang mengandalkan tabungan yang tersisa untuk beli tunai bahan dan mesinnya, kamu bisa kredit keduanya ataupun mengajukan pinjaman dana cepat sebagai modal usaha ke fintech seperti Kredivo. Sebab, bukan hanya memiliki tingkat suku bunga yang rendah (flat 2,95% per bulan), Kredivo juga menawarkan opsi kredit atau cicilan barang dengan tenor 3/6/12 bulan tanpa uang muka di ratusan merchant. Mulai dari Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Lazada, dll. Yang mana artinya, dengan daftar sebagai pengguna Kredivo, kamu dapat dengan mudah kredit mesin jahit untuk usaha jualan masker kain. 

Di Shopee atau Tokopedia misalnya, harga mesin jahit portable harganya terpantau ada di kisaran Rp 1 juta hingga Rp 1,5 jutaan saja. Dengan Kredivo, minimum pembelanjaan harus berjumlah Rp 1 juta (berlaku untuk akumulasi beberapa barang sekaligus) apabila kamu mau menggunakan cicilan tenor. Bukan cuma mesin jahit, segala jenis bahan termasuk bahan kain untuk masker pun tersedia dan bisa dicicil secara online, lho. Peluang yang menarik untuk dicoba, bukan?

Kalau butuh modal uang untuk usaha, kamu dapat mencairkan limit Kredivo yang dimiliki langsung melalui fitur pinjaman mini atau pinjaman jumbo yang ada di aplikasi Kredivo. Pinjaman dana cepat yang bisa diajukan di Kredivo mulai dari 500 ribu untuk jenis pinjaman mini dan Rp 1 juta ke atas untuk pinjaman jumbo. Tenor yang tersedia untuk pinjaman dana cepat adalah 1/3/6 bulan, dengan suku bunga 2,95% per bulan dan biaya administrasi sebesar 6% dari total pinjaman. 

Jasa antar jemput orang, barang, hingga titip belanja

Seiring dengan imbauan bekerja dan belajar dari rumah, banyak pengemudi ojek online yang penghasilannya berkurang karena nggak ada penumpang. Nah, belakangan ini, alih-alih menunggu orderan via aplikasi yang nggak kunjung datang, banyak juga pengemudi ojek online yang menawarkan jasanya langsung ke kenalannya hingga melalui media sosial untuk antar jemput, kirim barang, sampai titip belanja ke supermarket. Buat kamu yang berprofesi sebagai driver atau pengemudi ojek online dan belum kepikiran cara ini, nggak ada salahnya lho dicoba. Sementara buat kamu yang punya peluang mencoba cara satu ini sebagai pekerjaan sampingan (punya motor, SIM, dan tahu jalan), jangan sia-siakan kesempatan selagi bisa! Siapa tahu teman atau di sekitar rumah ada yang butuh banget. Lumayan lho buat tambah-tambah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *